Abstract
Holistik Integratif adalah pendidikan yang mengitegrasikan seluruh nilai-nilai dan aspek dalam pendidikan seperti moral, religius, psikologi, etis., filsofis, dan sosial dalam kesatuan secara menyeluruh dalam kesatuan material dan aspek spritual untuk memenuhi kebutuhan esensisal anak. Di zaman makin modern ini untuk mengembangkan PAUD Terholistik Integratif diperlukan adanya teknologi multiguna. Pendidikan memerlukan bantuan dari teknologi agar dapat memudahkan kegiatan pembelajaran. Pemanfaatan teknologi dengan tujuan memudahkan kegiatan pembelajaran dapat dilakukan di semua jenjang pendidikan, termasuk didalamnya adalah pendidikan anak usia dini. Penerapan Holistik Integraratif berbasis Information and Communication Technology (ICT) pada PAUD di Indonesia diharapkan meningkatkan keberhasilan pengelolaan pembelajaran untuk memotivasi anak usia dini makin termotivasi untuk kreatif dan inovatif. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini ialah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel terkait pendidikan masa 2013 – 2022. Analisis data dilakukan dilakukan dengan cara menelaah keseluruhan data dari berbagai sumber, mereduksi kemudian membuat abstraksi, menyusun data, memeriksa data, penafsiran data dan kesimpulan. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 36 artikel jurnal nasional dan internasional terakreditasi yang diperoleh dari Google Schoolar, Research Gate, SINTA, DOAJ, dan Scopus. Berdasarkan penelitian ini diperoleh data bahwa holistik integratif berbasis ICT dapat menciptakan ketertarikan anak usia dini, menarik perhatian, membuat anak lebih senang dan termotivasi untuk belajar.
Kata Kunci: Holistik Integratif, Teknologi Informasi dan komunikasi , Sytematic Literature Review.
.