Implementasi Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Boneka Tangan di Taman Kanak-Kanak Ar Rasyid

Rahmi Anggun Kurniati(1), Fajrina Amelia(2), Aisyah Aisnaini(3), Tammy Afifah Ramadhani(4), Lathipah Hasanah(5),
(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  Indonesia
(2) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta,  Indonesia
(3) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta,  Indonesia
(4) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta,  Indonesia
(5) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta, 

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/120339

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah memperoleh pengetahuan dan penemuan baru. Lalu untuk mengetahuimetode bercerita menggunakan boneka tangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatifdeskriptif. Penelitian ini mengarah ke populasi guru dan anak-anak di TK Ar-Rasyid, teknikpengumpulan data menggunakan cara wawancara guru TK Ar-Rasyid. Metode bercerita adalah caratutur kata dalam penyampaian cerita atau memberikan penjelasan kepada anak-anak secara lisan,metode bercerita juga dapat mengembangkan imajinasi anak, dan melatih untuk mengungkapkanekspresi yang ada pada diri anak. Boneka adalah alat peraga yang sesuai dengan karakteristik anakusia 4 sampai 5 tahun, boneka tangan adalah boneka yang ukurannya lebih besar dari boneka jari dan dimasukkan ke tangan, dapat disimpulkan bahwa boneka tangan adalah tiruan dari bentuk manusia yang dimainkan menggunakan anggota badan dari siku sampai ujung jari. Bercerita merupakan salah satu aspek yang dapat mengembangkan bahasa anak . Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Implementasi metode bercerita dengan menggunakan media boneka di TK Ar-Rasyid. hasil pengamatan yang telah penulis teliti, manfaat dari pembelajaran bercerita menggunakan media bonekatangan adalah anak akan lebih semangat, imaginative, lebih aktif, dan anak lebih senang dalampembelajaran. Oleh sebab itu sebagai guru Pendidikan Anak Usia dini atau guru TK juga dapatmemberikan pembelajaran yang menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar. Melalui metodebercerita dengan boneka tangan anak akan lebih mudah memahami pembelajaran, anak n lebih semangat imajinatif lebih aktif dan senang dalam pembelajaran. Kata Kunci: Metode Bercerita, Boneka tangan, Taman Kanak-Kanak

Article Metrics

 Abstract Views : 178 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.