Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Harapan Bunda

Sayyidati Munjiah Kamilah(1), Hasanah Ulfah(2), Maya Navila Sari(3), Rizka Nur Fadila(4), Lathipah Hasanah(5),
(1) PIAUD, FITK, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,  Indonesia
(2) PIAUD, FITK, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 
(3) PIAUD, FITK, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 
(4) PIAUD, FITK, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 
(5) PIAUD, FITK, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/119962

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kurikulum di PAUDHarapan Bunda. Menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasusmelalui teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara dan juga dokumentasi denganmelihat bukti dokumen kurikulum, seperti rancangan proses pembelajaran mingguan danrancangan proses pembelajaran harian. Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menggambarkansejelas mungkin tentang aktivitas fungsi manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaankurikulum PAUD di PAUD Harapan Bunda. Metode penelitian yang digunakan dalam studi kasustermasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data penelitian yang digunakan untuk menarikkesimpulan adalah analisis model interaktif (interactive model of analysis). Berdasarkan hasilanalisis data dapat disimpulkan bahwa sebagai berikut: aktivitas fungsi manajemen kurikulum diPAUD Harapan Bunda, meliputi (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) evaluasi. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum , Pendidikan Aanak Usia Dini

Article Metrics

 Abstract Views : 1446 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.