Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalammengembangkan kemampuan kognitif (geometri) anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Al-Hidayah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenispenelitian lapangan. Sumber data yang gunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Yangmenjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru pengajar berjumlah dua orang yang bertanggungjawab mengenai perkembangan kognitif anak di Raudhatul Athfal Al- Hidayah. Kognitifmerupakan suatu proses berpikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai danmempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Mengenal bentuk geometri pada anak usia diniadalah kemampuan anak dalam mengenal, menunjuk, menyebutkan serta mengungkapkan benda-benda di sekitar berdasarkan bentuk geometri. Pembelajaran mengenal bentuk geometri diRaudhatul Athfal Al-Hidayah dengan melakukan persiapan Rencana Pelaksanaan PembelajaranMingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), pelaksanaanpembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi, tanya jawab, dan bermain untukmengenalkan bentuk geometri, evaluasi yang dilakukan menggunakan pencatatan penilaian ceklis.Anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Al-Hidayah sudah dapat mengenal konsep geometri.Hambatan yang dialami guru adalah guru kesulitan memilih bahan atau media main yang tepat danlebih bervariasi yang dapat membuat anak fokus dan tidak mudah bosan. Kata Kunci: Upaya Guru, Perkembangan Kognitif, Geometri, Anak Usia Dini, Usia 4-5 Tahun