Abstract


Implementasi kurikulum 2013 sangat menonjolkan pendekatan saintifik dengan pembelajaran yangberpusat pada peserta didik. Pembelajaran melalui pendekatan saintifik adalah proses pembelajaranyang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkontruksi konsep, hukumataupun prinsip melalui tahapan – tahapan mengamati (untuk mengindentifikasi atau menemukanmasalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data denganberbagai teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran denganmenggunakan materi yang menerapkan saintifik melalui proses mengamati, menanya,mengumpulkan informasi menganalisa dan mengkomunikasikan. Jenis penelitian adalah kulaitatif denganpendekatan studi kasus. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalahTeknik pengumpulan data melalui wawancara dan stusi literatur. Berdasarka hasil penelitian dapatdismpulkan bahwa ditemukan ada beberapa tahapan pendekatan saintifik diantaranya adalah : tahapmengamati, tahap menalar, tahap mengkomunikasikan, tahap menanya, dan tahap mengumpulkaninformasi. Dalam pembelajaran saintifik di Taman KanakKanak Arsyiah ini, anak diberi waktu untukmelakukan beberapa tahapan tersebut. Kata Kunci: implementasi pembelajaran, pendekatan saintifik, pendidikan anak usia dini