Abstract
Riset ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa percaya diri pada anak. Maksud riset ini ialah guna
mengetahui pengaruh macro role play terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK Pembina
01 Lingo Sari Baganti. Riset ini memanfaatkan prosedur kuantitatif bersama pendekatan kuasi
eksperimen. Penelitian dilaksanakan di TK Pembina 01 Linggo sari Baganti didua kelas, yaitu
kelompok bermain B3 sebagai kelas ekperimen sebanyak 13 orang anak dan kelmpok bermain B4
sebagai kelas kontrol sejumlah 13 orang anak. Teknik pemungutan data memanfaatkan instrument
riset berwujud indikator dimana diperoleh dari aspek kepercayaan diri, yaitu: optimis, ambisi, dan
toleran, dan bertaggung jawab yang merupakan ciri utama dari self confident, kemudian dilakukan tes perbuatan. Teknik analisis data dimana dilaksanakan ialah uji normalitas, homogenitas, hipotesis
serta uji effect size. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Berdasarkan analisis
data, secara keseluruhan terjadi kenaikan skor terhadap kelas kontrol dan eksperimen. Skor pre-test
206 dan skor post-test 281, sedangkan hasil rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 15,85 dan 21,62. Sementara skor pada pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 210 dan 309, dengan hasil rata-rata pre-test 16,15 dan post-test 23,77. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Pada uji hipotesis dengan Independent sample t-test nilai sig (2- tailed) 0,019 yaitu lebih kecil dari 0,0 jadi hasil dari penelitian ini menyatakan terdapat pengaruh signifikan dari macro role play untuk peningkatan kepercayaan diri anak di TK Pembina 01 Linggo Sari Baganti.
Kata Kunci: anak usia dini; bermain peran makro; percaya diri.