Sikap Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 06 Sentani
(1) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(2) Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta 
(3) Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta 
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/116993
Full Text: Language : id
Abstract
Secara tidak langsung pandemic covid-19 mengharuskan guru agar mempelajari cara/metode dan teknik belajar baru dalam jaringan, tentu guru perlu miliki kemampuan menggunakan teknologi komunikasi dan informasi, agar mampu mengelola pembelajaran dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui sikap dan kesiapan guru dalam mempersiapkan pembelajaran daring mengunakan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara guru Taman Kanak-Kanak, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Temuan penelitian berupa Kondisi pembelajaran dilaksanakan melalui dalam jaringan (whatsapp, zoom, telepon) dan luar jaringan (orang tua mengambil bahan pelajaran untuk satu minggu di sekolah). Ada beberapa masalah yang ditemukan yaitu dua dari lima orang guru belum maksimal dalam penguasaan penggunaan teknologi, penilaian guru terhadap hasil belajar anak sulit karena tidak lihat secara langsung proses kerja anak, social emosioal anak terganggu, jaringan akses internet tidak stabil. Upaya yang dilakukan sekolah mengundang pakar teknologi informasi untuk memberikan pelatihan penggunaan zoom, khut, What saap, video pembelajaran sederhana via hand phone. Adanya pelatihan pemanfaat teknologi informasi yang diberikan sekolah, Dinas Pendidikan memberikan kesiapan yang matang bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran dari luar jaringan.
Article Metrics
Abstract Views : 445 timesUntitled (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.