Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai bahaya dalam perkembangan sosial emosional anak usia dini sehingga mengakibatkan ketidakmatangan dan ketidakmampuan anak dalam memiliki keterampilan sosial emosional yang baik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian pustaka dengan mengkaji 16 referensi relevan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa bahaya dalam perkembangan sosial dan emosional. Bahaya dalam perkembangan sosial emosional ini juga berdampak kepada kemampuan anak dalam melakukan regulasi diri dan regulasi emosi serta kemampuan anak untuk bersosialisasi sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya. Pada perkembangan sosial, berbagai bahaya yang dimaksud meliputi: keterlantaran sosial, partisipasi sosial yang terlalu banyak, ketergantungan dan penyesuaian diri yang berlebihan, tidak dapat menyesuaikan diri dengan baik, serta prasangka. Sedangkan bahaya dalam perkembangan emosi diantaranya: keterlantaran emosional, terlalu banyak kasih sayang, dominasi emosi yang tidak menyenangkan, emosionalitas yang meninggi serta gagal dalam belajar mengendalikan dan toleransi emosi. Berbagai bahaya tersebut tidak terlepas dari adanya beberapa faktor yang mempengaruhi dan mendasarinya. Seperti: pengalaman sosial awal anak yang dipengaruhi oleh faktor keluarga dan lingkungan serta proses pematangan dan belajar dalam meregulasi emosi yang terjadi pada diri anak.