Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan kognitif pada anak-anak usia dini, terutama usia 5-6 tahun ada yang belum berkembang sesuai dengan tahap perkembangan yang seharusnya salah satunya pada anak penderita Gangguan Pemusatan Perhatian dengan Hiperaktivitas (GPPH). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perkembangan kognitif anak GPPH.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian adalah 3 orang anak di Taman Kanak-kanak Negeri 1 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah format observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data diabsahkan dengan menggunakan teknik triangulasi.Hasil penelitian ditemukan anak GPPH memiliki masalah pada setiap bidang diantaranya bidang bahasa, sosial, emosional, fisik motorik, tingkah laku, dan kognitif. Disimpulkan perkembangan kognitif anak GPPH mempunyai masalah dalam memahami konsep banyak-sedikit, tinggi-rendah, dan besar-kecil; kesulitan dalam mengklasifikasikan benda-benda dengan menggunakan cara berpikir operasional; mengalami kesulitan dalam membaca, mengalami kesulitan dalam berhitung; kesulitan dalam menulis; kesulitan dalam memusatkan perhatian; serta memiliki daya konsentrasi yang sangat terbatas.