Pengawasan Asupan Gizi Anak Usia Dini di Lembaga PAUD oleh Pendidik Melalui Program “MUSIM SEMI”

Dian Herawaty(1),
(1) PGPAUD,Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/107660

Full Text:    Language : id

Abstract


Abstrak

Asupan gizi pada anak usia dini tidak dapat dipisahkan dan erat kaitannya dengan kesehatan dan kecerdasan anak. Selain itu, melalui asupan gizi yang diterima anak akan menjadi faktor pendukung dari pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran pendidik di lembaga PAUD tentang pentingnya kecukupan asupan gizi untuk anak usia dini melalui program makanan untuk anak usia dini menu sehat, enak, murah, bergizi atau disingkat menjadi “MUSIM SEMI”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kajian pustaka hasil dan pembahasan penelitian yang searah dengan program yang akan diterapkan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pendidik yang ada di lembaga PAUD ataupun orang tua yang ada di rumah, sebagai bentuk kesadaran pengawasan akan asupan dan kecukupan gizi anak usia dini yang juga sebagai salah satu faktor penting pendukung dari pertumbuhan dan perkembangnnya.

Kata kunci : asupan gizi, anak usia dini, pengawasan gizi anak

                                                    

Abstract

Nutrition intake in early childhood cannot be separated and is closely related to the health and intelligence of children. In addition, through the intake of nutrition received by children will be a supporting factor of the child's growth and development. The purpose of this research is to increase the awareness of educators in eduation of early childhood institutions about the importance of adequate nutrition intake for early childhood through a food for children a healthy, tasty, inexpensive, nutritious (Makanan untuk anak usia dini menu, enak, sehat, murah, bergizi) or abbreviated to "MUSIM SEMI)". The method used in this study is an literature review of the results and discussion of research in the direction of the program to be applied. Through this research, it is expected to be able to provide an understanding to teacher in kindergarten institutions or parents at home, as a form of supervision awareness of the intake and nutritional adequacy of early childhood which is also one of the important factors supporting the growth and development.

Keywords: nutritional intake, early childhood, child nutrition monitoring


Article Metrics

 Abstract Views : 2659 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.