Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui asesmen perkemabangan seni gambar tanpa wajah di TK Islam DAYogyakarta yang menjadikan kebiajakan lembaga dalam kegiatan pembelajarannya. DA merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang baru berdiri pada tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan penelii yaitu pendekatan deskriptif kualitatif, dimana peneliti akan mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan hasil observasi dan wawancara dilapangan. Dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dan hasilnya adalah bahwa lembaga ini memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri dalam menerapkan kegiatan pembelajaran pada anak. Salah satu yang mejadi ciri khas dari lembaga ini adalah bahwa anak- anak dalam kegiatan pembelajarannya apabila membuat hasil karya dan gambar mereka tidak diperbolehkan memberikan aseksoris seperti mata. Sudah menjadi kebijakan lembaga setiap gambar tidak diperbolehkan memberi mata dan asesoris wajah lainnya. Kemudian pelaksanaan penilaian perkembangan seni di lembaga ini sudah dilaksanakan dilakukan bersamaan dengan penilaian perkembangan lainnya.
Kata Kunci: asesmen perkembangan seni, anak usia dini, kegiatan pembelajaran