Pengaruh Media Sand Paper Letter terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak di TK Islam Budi Mulia Padang

Fita Rahmadani(1), Dadan Suryana(2), Sri Hartati(3),
(1) PGPAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) PGPAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) PGPAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/104545

Full Text:    Language : en

Abstract


Pengetahuan tentang huruf bagi anak bagi anak 4-5 tahun sangat penting untuk proses membaca  dan menulis. Untuk merealisasikan pembelajaran mengenal huruf di perlukan media yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Sandpaper letter  terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen. Berdasarkan analisis data di peroleh hasil penelitian yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Islam Budi Mulia Padang dengan rata-rata hasil kemampuan mengenal huruf anak kelas eksperimen (A1) yang dilakukan dengan media sandpaper letter lebih tinggi dibandingkan anak di kelas kontrol (A2) yang dilakukan dengan media kartu huruf yaitu 78,25 kelas eksperimen dan dikelas kontrol adalah 71,25. Dengan demikian media sandpaper letter terbukti berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Islam Budi Mulia Padang. Dimana pada kelas eksperimen anak dapat mencapai nilai tertingginya yaitu 93,75 dan sedangkan di kelas control nilai tertinggi anak hanya mencapai 81,25.


Keywords


bahasa; sandpaper letter; kemampuan mengenal huruf

Article Metrics

 Abstract Views : 2628 times
 PDF Downloaded : 591 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.