Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mencocokkan angka melalui permainan tutup botol. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak Taman Kanak – kanak ABA Simpang Tiga Pasaman Barat dengan jumlah 15 orang. Penelitian dilakukan selama 1 bulan yaitu pada Agustus 2018. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dengan 3 kali pertemuan dan siklus II dengan 3 kali pertemuan. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi dan studi dokumentasi. Data kemudian diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mencocokkan angka pada anak setelah dilakukan siklus I dan siklus II sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui permainan menyusun tutup botol dapat meningkatkan kemampuan mencocokkan angka pada anak di Taman Kanak-kanak ABA Simpang Tiga Pasaman Barat.