PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI PENERAPAN TEORI NEUROSAINS DI TAMAN KANAK-KANAK AL HIDAYAH AIA TABIK
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang,  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/103739
Full Text: Language :
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas, dengan tujuan meningkatkan kedisiplinan anak melalui penerapan teori neurosains. Tempat penelitian ini di Taman Kanak-kanak Al Hidayah Aia Tabik Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 20 orang anak yang terdiri dari 7 orang anak perempuan dan 13 orang anak laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi, analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini sebanyak dua siklus masing-masing tiga kali pertemuan. Data yang dikumpulkan diolah menggunakan tekhnik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan anak. Hal ini terlihat dari hasil perolehan nilai yang di dapat anak, nilai berkembang sangat baik (BSB) pada kondisi awal dengan nilai rata-rata 8,75 % , pada siklus I meningkat menjadi 22,5 % dan pada siklus II meningkat menjadi 83,75 %. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai berkembang sangat baik (BSB) telah mencapai KKM pada semua aspek. Secara keseluruhan dengan teori neurosains terbukti meningkatkan kedisiplinan anak di Taman Kanak-kanak AL-Hidayah Aia Tabik.
Keywords
References
Alwi, Hasan.2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Arikunto , Suharsimi 2012, Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Bumi Aksara
________________, 2014, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : PT. Rineka Cipta
Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. GP.Presgrup.
Jamaris, Martini. 2013. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan.Bogor. Ghalia Indonesia
Jensen, Eric. 2008. Brain Besad Learning (Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak) rev.id. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK/SD.2010.Pedoman Penilaian di Taman Kanak-kanak.Jakarta.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
LN. Syamsu Yusuf & Sugandi Nani M.2012.Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Lestari, Sri Rahayu. 2016. “Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak “ Jurnal (vol 1 No.3). hal 41-48
Markamah, Umi. 2012.”Upaya Pembiasaan Kedisiplinan “ Jurnal (No.1 th. 30) FKIP. UMP hal 8-11.
Mustari M. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Morisson George.S. 2016. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini/PAUD. Jakarta. PT. Indeks
Nugraha, Ali, dkk. 2012. Program Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat. Tenggerang Selatan : Universitas Terbuka
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.Nomor 137.Tahun 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 146 Tahun 2014. Tentang Kurikulum Pendidikan 2013.
Rose, Mini. 2011. Disiplin pada Anak. Jakarta : Direktorat Pembinaan PAUD Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal.
Said Alamsyah dan Rahayu.DR. 2017. Revolusi Mengajar Berbasis Neorosains. Jakarta: Prenada Media Grup.
Seefeldt Carol & Wasik Barbara A.2016.Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta : PT. Indeks
Syafril. 2010. Statistika. Padang:Suka Bina Press
Sudarna. 2014. PAUD Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter Melejitnya Kepribadian Anak Secara Utuh (Kecerdasan Emosi, Spirit dan Sosial). Yogyakarta: Genius Publisher.
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
_______, 2016. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta : PT. Pustaka Insan Madani
Sugiyono. 2011. MetodePenelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung. Alpa Beta
Suryana Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak). Jakarta. Kencana
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional RI
Papalia, ED, olds SW & Feldman RD. 2009. Human Development Perkembangan Manusia.Jakarta : Salemba Humanika
Y Yaswinda and Y Yulsyofriend. 2018. Development Literacy Based on the Neuroscience Theory for Early Childhood in Digital Era. 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018). Atlantis Press
Wathon, Aminul. 2016 ”Neurosains dalam Pendidikan” Jurnal (No 1 vol 14 1 Maret 2016) hal. 285. Diakses tanggal 20 Juni 2018
Article Metrics
Abstract Views : 4250 timesPDF Downloaded : 357 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.