PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BIJI SAWIT DI TAMAN KANAK-KANAK QUR’ANIAH AIR RUNDING KECAMATAN KOTO BALINGKA KABUPATEN PASAMAN BARAT
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang,  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/103720
Full Text: Language :
Abstract
Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan di Taman Kanak-kanak Qur’aniah Air Runding Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat melalui permainan biji sawit. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan cara bersiklus yaitu dua siklus masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Hasil penelitian didapatkan persentase rata-rata peningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak belum berkembang,pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan dan dilanjutkan ke siklus II dengan kriteria penilaian berkembang sangat baik,berkembang sesuai harapan,mulai berkembang, belum berkembang sehingga didapatkan penelitian pada akhir siklus II.
Keywords
References
Ariesta, Riany. 2009. Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar. Bandung: Sandriarta Sukses.
Arikunto, Suharsimi. Dkk, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Anak Usia Dini. Jakarta
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Dini, Yurinda. 2011. Bermain Angka dan Berhitung 1-20 sambil Mengenal Buah dan Sayur. Jakarta: Cikal Aksara.
Dwiyogo. 2013. Permainan Bilangan. Jakarta: Kencana
Elida, Prayitno. 1995. Perkembangan Anak Usia 3-6 tahun. Padang.
Elliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi..
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini.Jakarta:Depdiknas.
Hatimah, dkk. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.
Husdarta dan Nurlan. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Depdiknas.
Inawati, Maria. 2011. Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan Melalui Metode Permainan. Jakarta: Penabur.
Madyawati , Lilis 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta : PT Kharisma Putra Utama
Marsudi, Saring. 2006. Permasalahan dan Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Surakarta: UMS
Mayanti, 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Kereta Angka di TK Mutiara Ananda Kecamatan Koto Tangah. Padang. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Mayke, Tedja Saputra, 2005. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo
Morrison, GS. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Mudjito. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
Mulyadi, Seto. 2004. Bermain dan Kreatifitas. Jakarta : PT Papas Sinar Sinami.
Partini, Siti. 2003. Metode Pengembangan Daya Pikir dan Daya Cipta Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY
Pedoman Kurikulum 2013 tentang kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Pitajeng, 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan, Jakarta: Depdiknas
Rachmawati, Yeni. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana
Santoso, Sugeng. 2002. Bermain dan Permainan. Jakarta : Depdiknas
Siswanto. 2008. Mendidik Anak Dengan Permainan Kreatif. Yogyakarta:
Anggota IKAPI.
Solehuddin M. 2000. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia
Sujiono. 2009. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Sumiyati. 2011. PAUD Inklusi PAUD Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Cakrawala Institute.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudono, Anggani. 2010. Alat Permainan dan Sumber Belajar Taman Kanak-Kanak. Depdikbud: Dirjen Dikti Proyek..
Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Syaodih, Ernawulan, dkk. 2008. Bimbingan dan Konseling Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta
Yulsyofriend. 2013. Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Padang: Sukadina Press.
Article Metrics
Abstract Views : 1289 timesPDF Downloaded : 47 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.