The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak. PT Kalimantan Prima Persada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan yang menggunakan metode peledakan. Guncangan tanah merupakan salah satu dampak negatif peledakan terhadap lingkungan sekitar dimana pada tingkat tertentu dapat menyebabkan kerusakan bangunan di sekitar lokasi, khususnya di Desa Lokpangel yang saat ini jaraknya dari 1.100 m. Nilai ambang batas tingkat getaran tanah adalah 2 mm / pemilik PT Bhumi Rantau Energi.

Data getaran tanah dianalisis menggunakan teori untuk melihat sinyal pengisian bahan peledak dan getaran tanah yang dihasilkan (PPV). Dengan menggunakan pendekatan persamaan regresi daya, diperoleh prediksi bahan peledak dalam jarak 1100 meter yang dapat memenuhi standar getaran yang ditetapkan. dan nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,526 (53%), sehingga masih terdapat 47% faktor diluar yang dapat dikendalikan dengan metode tertentu. Metode penggunaan penambahan lubang presplitting dan kontrol pengisian dan Pola Peledakan V-Cut.

Berdasarkan teori jarak berskala, prediksi kandungan bahan peledak adalah 59,07 kg ANFO. Namun karena penerapan tambalan di bawah, maka tidak perlu dikurangi. Penggunaan metode kontrol ulang pengisian dan Pola Peledakan V-Cut telah efektif dalam dampak dampak tanah agar tetap pada nilai yang telah ditentukan.

Kata kunci: peledakan, getaran tanah, getaran, partikel, jarak skala