The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstract Latar belakang penelitian ini berawal dari anak tunagrahita ringan kelas DV/C yang mengalami kesulitan dalam mengenal bentuk dan nama bangun datar. Tujuan dari penilitian ini adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika dan peningkatan kemampuan mengenal bangun datar bagi anak tunagrahita ringan di kelas DV/C SLB Fan Redha Padang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dilakukan kepada dua orang anak yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian siklus I yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran mengenal bangun datar menggunakan media puzzle. Dengan nilai rata-rata yang diperoleh anak nilai 50% dan 60% tanpa bantuan. Hasil kemampuan anak pada siklus II, menunjukkan peningkatan nilai 80%. Dari hasil penyajian dan analisis data disimpulkan bahwa media puzzle dapat meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar pada anak tunagrahita ringan kelas DV/C.