The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstract

Penelitian ini di latar belakangi permasalahan yang terjadi pada siswa tunanetra di SLB Wacana Asih Padang yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan tatacara shalat yang tepat.Dari hasil pengamatan terhadap tatacara shalat para siswa, masih banyak gerakan- gerakan shalat yang belum tepat dan sesuai dengan ketentuan.Maka dari itu peneliti berupaya membantu untuk meningkatkan pelaksanaan tatacara shalat dengan memberikan perlakuan melalui metode kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode kinestetik ini dapat meningkatkan pelaksanaan tatacara shalat siswa tunanetra.

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperiment dalam bentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A dan selanjutnya analisis data penelitian menggunakan teknik analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah siswa tunanetra kelas V. Dalam penelitian ini, pengumpulan data siswa dilakukan melalui tes perbuatan dengan cara cek list, dimana dalam hal ini siswa diminta mempraktekkan gerakan shalat yang sudah dia pahami. 

Analisis data menunjukkan bahwa baseline pertama menunjukkan kecenderungan arah stabil dengan sedikit peningkatan setelah diberikan intervensi selama delapan kali dengan mean level 58,57. Selanjutnya, setelah dilakukan intervensi sembilan kali dengan mean level66,77 analisis data menunjukkan kecenderungan arah meningkat dan perubahan data membaik. Berikutnya, hasil analisis data pada baseline kedua juga menunjukkan kecenderungan arah meningkat setelah dilakukan intervensi selama lima kali. Target behaviour memiliki overlapedata 44,44%. Disimpulkan bahwa metode kinestetik dapat meningkatkan pelaksanaan tatacara shalat siswa tunanetra. Berdasarkan hasil penelitian inis hendaknya guru menciptakan strategi pembelajaran untuk meningkatkan pelaksanaan tatacara shalat bagi siswa tunaneta

 

Kata kunci: Pelaksanaan tatacara shalat, Metode kinestetik, Siswa tunanetra