The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan anak berkesulitan belajar  dalam mengenal nilai tempat meningkat. Dilihat dari kemampuan mengenal nilai tempat dengan menggunakan media kantong diperoleh Uhit = 17,5 dan Utab = 13. Dilihat dari mengenal nilai tempat dengan menggunakan media kotak diperoleh Uhit = 21, dan Utab = 13. Dari kedua hasil pengujian maka Uhit ˃ Utab. Dengan demikian hipotesis diterima, berarti dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kantong lebih efektif dalam mengenal nilai tempat bagi anak berkesulitan belajar matematika kelas IV. Oleh sebab itu, disarankan pada pihak sekolah untk menggunakan Media Kantong dalam pembelajaran belajar nilai tempat bagi anak berkesulitan belajar pada pelajaran matematika.

Kata kunci: Efektifitas; Anak Kesulitan Belajar; Perbandingan Media Kantong dan Media Kotak; Kemampuan Mengenal Nilai Tempat Di SD N 02 dan SD N 11 Pasa Gadang