The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan yang peneliti lakukan terhadap anak tunanetra yang suka menyandarkan badan kepada teman pada saat berbaris. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku anak menyandarkan badan kepada teman dengan teknik token ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Reaserch (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitiannya adalah anak tunanetra X. Ukuran target behaviornya yaitu berapa kali anak menyandarkan badan kepada teman selama pengamatan yakni 15 menit dalam kelas saat berabaris. Dimana kondisi A adalah baseline yaitu kondisi awal jumlah prilaku anak menyandarkan badan kepada teman pada saat berbaris sebelum diberi tindakan. Sedangkan kondisi B merupakan kondisi intervensi yakni kondisi dimana anak diberikan intervensi dengan teknik token ekonomi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui prosedur pencatatan dengan observasi langsung, dimana pencatatan dibuat dalam sebuah format penilaian yang telah disediakan. Data yang diperoleh diolah dalam grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku anak menyandarkan badan kepada teman menurun setelah diberikan teknik token ekonomi. Ini terbukti pada fase baseline (A) perilaku anak menyandarkan badan kepada temanĀ  tertinggi saat berbaris adalah 15 kali. Setelah diberikan intervensi (B) melalui teknik token ekonomi, prilaku anak menyandarkan badan kepada teman sudah berkurang yakni saat berbaris adalah 2 kali dalam waktu 15 menit. Dari hasil penyajian data dapat disimpulkan bahwa teknik token ekonomi efektif untuk menurunkan atau mengurangi perilaku anak menyandarkan badan kepada teman pada saat berbaris. Dengan demikian disarankan bagi guru dan peneliti selanjutnya agar menggunakan teknik token ekonomi yang bervariasi dalam mengurangi perilaku anak yang tidak diinginkan.