The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Artikel ini membahas tentang meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik disabilitas intelektual melalui metode multisensori. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR), dengan desain A-B-A, yang mana pada Baseline (A1) adalah kondisi atau kemampuan awal peserta didik dalam membaca kata benda yang terdiri dari tiga suku kata, intervensi (B) adalah kondisi pada saat peserta didik diberikan perlakuan menggunakan metode multisensori, dan baseline (A2) adalah kondisi dimana peserta didik sudah diberikan intervensi atau tanpa perlakuan. Data yang dikumpulkan dalam bentuk skor persentase dan dianalisis menggunakan analisis visual grafik. Hasil data menunjukkan bahwa metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik disabilitas intelektual.


Keywords


Membaca permulaan; kata benda; metode multisensori; Disabilitas Intelektual