The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Implementasi ini juga akan memberikan perhatian khusus pada keberhasilan Kurikulum Merdeka Belajar dalam memfasilitasi inklusi pendidikan anak disabilitas intelektual di SLB Negeri 1 Binjai. Kemampuan kurikulum ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, ramah, dan mendukung perkembangan semua siswa akan menjadi indikator penting dalam implementasi . Implementasi yang dilakukan mencakup dalam aspek pembelajaran matematika dalam perkalian. Peneliti ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian kualitatif menurut Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln (2018) “Denzin dan Lincoln menekankan pentingnya peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian kualitatif, serta pengakuan terhadap peran subjektivitas dan konteks dalam konstruksi pengetahuan”. Media papan perkalian meningkatkan kemampuan anak dalam mengerjakan tugas perkalian, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai yang diperoleh anak sebelum dan sesudah pemberian tindakan. Dari hasil yang didapat kemampuan awal anak dari J 40%, P50%, M 40% kemudian diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi J 60%, P 65%, M 60% kemudian dilanjutkan pada siklus II kemampuan anak semakin meningkat menjadi J 90%, P 85%, M 80 %. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa tujuan dari penelitian ini bisa berlangsung karena pembelajaran dilaksanakan dengan penerapan kurikulum merdeka sesuai dengan acuan


Keywords


Media papan perkalian, Matematika perkalian, Disabilitas intelektual ABSTRACT This implementation will also pay special attention to the success of the Independent Learning Curriculum in facilitating educational inclusion for children with i