Abstract
Implementasi ini juga akan memberikan perhatian khusus pada keberhasilan Kurikulum Merdeka Belajar dalam memfasilitasi inklusi pendidikan anak disabilitas intelektual di SLB Negeri 1 Binjai. Kemampuan kurikulum ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, ramah, dan mendukung perkembangan semua siswa akan menjadi indikator penting dalam implementasi . Implementasi yang dilakukan mencakup dalam aspek pembelajaran matematika dalam perkalian. Peneliti ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian kualitatif menurut Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln (2018) “Denzin dan Lincoln menekankan pentingnya peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian kualitatif, serta pengakuan terhadap peran subjektivitas dan konteks dalam konstruksi pengetahuan”. Media papan perkalian meningkatkan kemampuan anak dalam mengerjakan tugas perkalian, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai yang diperoleh anak sebelum dan sesudah pemberian tindakan. Dari hasil yang didapat kemampuan awal anak dari J 40%, P50%, M 40% kemudian diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi J 60%, P 65%, M 60% kemudian dilanjutkan pada siklus II kemampuan anak semakin meningkat menjadi J 90%, P 85%, M 80 %. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa tujuan dari penelitian ini bisa berlangsung karena pembelajaran dilaksanakan dengan penerapan kurikulum merdeka sesuai dengan acuan