Abstract
Siswa dengan disabilitas intelektual sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak seperti deret bilangan. Mereka mungkin mengalami kesulitan dalam mengenali dan mengingat deret bilangan, serta menggunakan kemampuan motorik untuk menulis atau menggambar bilangan. Media pembelajaran sangat membantu proses pembelajaran agar berjalan lebih efektif. Guru dituntut untuk kreatif dalam menentukan media pembelajaran, salah satunya adalah media puzzle. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan mengurutkan bilangan 1-10 pada siswa kelas IV tunagrahita ringan. menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan 2 subjek penelitian di SLB N Padangsidimpuan. Penggunaan media puzzle dalam upaya meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan pada siswa tunagrahita. Penelitian ini dilakukan karena minat belajar anak kurang dan anak masih mengalami kesulitan dalam mengurutkan bilangan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 8 kali pertemuan. Kemampuan awal siswa memperoleh nilai 54 dan 48. Pada siklus 1 61 dan 66. Pada siklus 2 siswa memperoleh nilai 83 dan 86
Keywords
Media Puzzle, Mengurutkan Bilangan, Tunagrahita