The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil asesmen peserta didik yang masih rendah pada mata Pelajaran bahasa Indonesia di kelas II Tunagrahita Ringan di SLB Negeri Mandailing Natal. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, yang dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi, dan refleksi, dengan menggunakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berpedoman pada hasil observasi, tes, dan diskusi dengan kolaborasi. Hasil penelitian siklus I dilaksanakan dengan empat kali pertemuan, nilai yang diperoleh setiap peserta didik pada pertemuan keempat yaitu AL 60% dan AD 67%. Berdasarkan hasil pengukuran tersebut peserta didik yang belum mencapai nilai KKM. Pelaksanaan Tindakan penelitian dilanjutkan pada siklus II. Hasil pengukuran kemampuan setiap peserta didik pada pertemuan keempat siklus II yaitu AL 87% dan AD 94%. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mengenal huruf vokal dapat meningkat melalui media pembelajaran canva.

Keywords


Canva, Huruf Vokal, Tunagrahita Ringan