Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi rancangan pembelajaran dan proses pelaksanaan pembelajaran orientasi dan mobilitas bagi siswa tunanetra di SLB-A Yapentra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang di lakukan di SLB-A Yapentra. Subjek penelitian yaitu 10 orang siswa tunanetra. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rancangan pembelajaran terdiri silabus dan RPP yang berpedoman kepada kurikulum. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan tiga jam pelajaran dalam seminggu yang dilakukan sendiri oleh guru OMSK, pelaksanaan pembelajaran orientasi dan mobilitas terdiri dari tiga tahap yaitu kegiatan pendahulan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Evaluasi rancangan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran dilakukan setelah pembelajaran orientasi dan mobilitas selesai
Keywords
OMSK, Tunanetra