The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada anak disabilitas intelektual ringan dikelas II di SLB Negeri Pembina TK Provsu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar membaca menggunakan media video pembelajaran pada anak disabilitas intelektual di SLB Negeri Pembina Tk Provsu. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatkan kemampuan belajar membaca dengan menggunakan  media video pembelajaran bagi anak disabilitas intelektual ringan kelas II di SLB Negeri Pembina Tk Provsu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek sebanyak 3 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah instrument test. Adapun hasil akhir yang didapatkan masing-masing anak pada siklus 1 adalah AN 55%  RH 55%, NS 53 sedangkan hasil yang didapatkan pada akhir siklus II adalah AN 79% ,RH 79%, NS 78. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan belajar membaca anak disabilitas intelektual ringan kelas II di SLB Negeri Pembina Tk Provsu dengan menggunakan media video pembelajaran interaktif terjadi peningkatan dengan baik sehingga media video pembelajaran interaktif ini sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak disabilitas intelektual ringan di SLB Negeri Pembina Tk Provsu

Keywords


Disabilitas Intelektual Ringan; Membaca; Video Pembelajaran