The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di SLB Negeri Sarolangun terkait pemanfaatan limbah kain perca yang belum optimal, di mana guru keterampilan berinovasi dengan membuat ikat rambut sebagai media pembelajaran keterampilan menggunakan demonstrasi langsung. Namun, hasil evaluasi dan diskusi menunjukkan bahwa metode ini masih menyulitkan siswa untuk mengingat alat, bahan, dan langkah-langkah pembuatan ikat rambut, serta mengharuskan guru mengulang penjelasan berkali-kali. Untuk mengatasi masalah ini, guru beralih menggunakan media video tutorial. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan kolaborasi antara peneliti dan guru keterampilan tata boga, dan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat pertemuan. Tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Analisis data menunjukkan peningkatan keterampilan membuat ikat rambut, terbukti dari skor awal peserta didik yang bervariasi antara 22,72% hingga 72,72%, meningkat signifikan setelah intervensi pada siklus I dan II dengan skor akhir mencapai 75% hingga 95,45%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media video tutorial efektif dalam meningkatkan keterampilan membuat ikat rambut bagi peserta didik disabilitas intelektual ringan kelas XI.

Keywords


Media Video Tutorial, Keterampilan Ikat Rambut, Disabilitas Intelektual Ringan