The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menggosok gigi pada anak tunagrahita melalui teknik modeling. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan hasil. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran keterampilan menggosok gigi melalui teknik modeling berjalan efektif, dengan peningkatan keterampilan menggosok gigi anak tunagrahita yang signifikan. Pada awal penelitian, keterampilan menggosok gigi anak masih tergolong kurang, dengan skor rata-rata RP 47% dan RH 45%. Setelah siklus I terjadi peningkatan dengan skor RP 59% dan RH 54% yang masuk dalam kategori cukup. Karena hasil yang diperoleh belum optimal, penelitian dilanjutkan ke siklus II yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan skor RP 84% masuk dalam kategori sangat baik dan RH 79% masuk dalam kategori baik.

Keywords


tunagrahita, keterampilan menggosok gigi, teknik modeling