The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Peran orang tua sangat berdampak besar terhadap perkembangan minat dan bakat yang dimiliki anak, orang tua harus memberikan stimulus yang baik kepada anak agar minat dan bakat anak berkembang dengan baik juga kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua terhadap prestasi desain grafis anak tunarungu x tingkat internasional. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang termasuk dalam pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan metode wawancara untuk mengumpulkan data. Sumber dalam penelitian ini orang tua X dan guru. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu pedoman wawancara. Teknik keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, mengadakan audit dengan dosen pembimbing. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat empat bentuk peran orang tua yaitu peran orang tua sebagai pendidik, penjaga/pengawas, motivator dan fasilitator. Faktor pendukung berupa pengurusan administratif untuk keperluan lomba dan bekerja sama memantau perkembangan. Sedangkan faktor penghambat kurangnya waktu bersama anak dan biaya yang diakibatkan faktor ekonomi.

Keywords


digital storytelling, manual storytelling, keterampilan komunikasi, rasa percaya diri.