Abstract
Penelitian ini membahas tentang kemampuan berhitung peserta didik penyandang disabilitas grahita ringan melalui media jumping katak di SLB Negeri Kuala Tungkal. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan penjumlahan pada peserta didik penyandang disabilitas grahita kelas II di SLB Negeri Kuala Tungkal menggunakan media Jumping Frog . Penelitian ini dilakukan dengan berkolaborasi dengan guru kelas II. Seluruh kegiatan penelitian tergabung ke dalam beberapa proses yaitu perencanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan pada peserta didik disabilitas grahita ringan untuk tingkat kelas II SLB Negeri Kuala Tungkal sebanyak 3 orang siswa dengan inisial A, B, dan C, yang memiliki tingkat kemampuan penjumlahan rendah. Penelitian terbagi ke dalam 2 siklus yang pada tiap siklus terdapat empat tahapan dan 3 kali pertemuan pada setiap siklusnya.