The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Artikel ini membahas tentang peningkatan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam menyortir buah strawbery. Penyortiran buah strawberry merupakan bagian dari pembelajaran vokasional pasca panen budidaya tanaman hortikultura. Pengembangan kemampuan untuk mampu menyortir buah strawberry sesuai kualifikasinya dapat menjadi bekal kemampuanĀ  anak untuk terjun kedunia kerja dimasa depan. Jenis penelitian ini adalah studi eksperimen satu subjek atau studi satu subjek (SSR), dengan desain A-B-A. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model direct instruction, hasil penelitian ini dapat ditunjukkan dari trend yang stabil pada level A1 rata-rata 20%, kemudian mengalami peningkatan pada level intervensi (B) dimana level kemampuannya terus meningkat dari 40% sampai 90%. setelah mendapatkan intervensi pada kondisi (A2) kemampuan anak stabil di 90%. Sehingga dapat disimpulkan model direct instruction efektif untuk meningkatkan kemampuan vokasional menyortir buah strawberry dengan menunjukkan hasil yang terus meningkat.

Keywords


Direct instruction; kemampuan vokasional; Tunagrahita ringan; menyortir strawberry