The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk; pertama, meningkatkan kreativitas mahasiswa PLB FIP UNP dalam membuat sabun cuci piring dengan merk “Kinclong”; kedua, meningkatkan keterampilan mahasiswa berwirausaha dalam bentuk pemasaran sabun cuci piring menggunakan social media atau pun di titipkan ke toko secara langsung; ketiga, memberdayakan kelompok mahasiswa agar bisa terjun ke dunia wirausaha dan mahasiswa mampu melatih anak berkebutuhan khusus setelah mereka tamat dan mengajar di sekolah luar biasa. Secara teknik, metode yang akan digunakan dalam kegiatan ini yaitu ceramah, demonstrasi, dan penugasan. Sedangkan untuk pencapaian tujuan dilakukan evaluasi menggunakan tes perbuatan dengan cara mendemotrasikan cara pembuatan sabun cuci piring. Tolak ukur untuk pencapaian tujuan yaitu dengan dibukanya wirausaha oleh mahasiswa tentang sabun cuci piring. Kegiatan pelatihan ini tidak hanya memandirikan mahasiswa dalam berwirausaha, akan tetapi juga dapat mengembangkan ekonomi kesejahteraan masyarakat daerah, terutama memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mampu melatih anak berkebutuhan khusus di SLB agar memiliki keterampilan vokasional untuk dapat hidup mandiri dikemudian hari

Keywords


Kewirausahaan; sabun cuci piring; mahasiswa PLB