The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi penyandang disabilitas tunadaksa terhadap pelayanan di Bus Trans Kota Padang. Dengan memfokuskan apa saja fasilitas dan layanan jasa yang disediakan oleh Bus Trans Padang bagi penyandang disabilitas khususnya tunadaksa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana untuk mendapakatkan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian mengenai Persepsi Penyandang Disabilitas Tunadaksa Terhadap Pelayanan Disabilitas Bus Trans Kota Padang, dari segi fasilitas sudah memadai dan sudah dilengkapi dengan fasilitas yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas khususnya tunadaksa. Dengan menyediakan space untuk pengguna kursi roda agar tetap nyaman dalam menggunakan Bus Trans Padang. Jika dilihat dari haltenya, penyandang disabilitas tunadaksa mengalami kesulitan saat menaiki halte, dikarenakan tingkat kemiringan dan pegangan di halte tidak pas untuk dinaiki pengguna kursi roda. Begitu juga ketika menaiki bus, jarak antara halte dan pintu bus, kadang tidak tepat, ini juga membuat penyandang disabilitas tunadaksa kesulitan untuk menaiki bus. . Jika dilihat dari segi pelayanan yang disediakan Bus Trans Padang juga sudah sesuai dengan SOP, tetapi jika diakses secara mandiri tidak semua disabilitas bisa menggunakannya, khususnya penyandang disabilitas tunadaksa.


Keywords


Persepsi, Disabilitas, Tunadaksa, Layanan, Bus Trans,