The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini ialah identifikasi masalah oleh peneliti di sekolah. Dimana peneliti menemukan maslah di kelas 8C tunagrahita, saat proses pembelajaran keterampilan berlangsung. Peserta didik sedang asik menonton video dalam membuat kerajinan dari kertas origami melalui youtube kemudian mencoba mempraktekkannya. Dari hasil pengamatan tersebut peneliti tertarik untuk mengajarkan peserta didik dalam keterampilan membuat dompet dari bungkus kopi melalui video tutorial, karena anak nampak tertarik belajar melalui video. Menggunakan metode Single Subjeck Research (SSR) dengan satu subjek yaitu SF yang duduk di kelas 8C SLBN 1 Padang Panjang. Data mengenai kemampuan peserta didik diperoleh melalui observasi dan tes. Melalui desain A-B-A, untuk mengetahui tingkat  kemampuan peserta didik sebelum diberi perlakuan, saat diberi perlakuan, dan setelah diberi perlakuan melalui video tutorial. Hasil kemampuan siswa dikur hingga memperoleh data yang stabil atau memperoleh skor yang sama minimal tiga kali berturut-turut. Kondisi A1 peserta didik memperoleh skor 60%, hasil meningkat pada kondisi intervensi yakni dengan skor perolehan 83%, sedangkan kondisi A2 menunjukkan skor 60%. Dari hasil penelitian tersebut terbukti bahwa keterampilan dalam membuat dompet dari bungkus kopi bagi peseerta didik tunagrahita ringan kelas 8C di SLB N 1 Padang Panjang dapat ditingkatkan melalui video tutorial

Keywords


Dompet Bungkus Kopi, tunagrahita ringan, Video Tutorial.