Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran olahraga bocce bagi anak down syndrome. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru pembimbing olahraga bocce.Teknik analisis data yang digunakan adalah melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu kegiatan olahraga saat ini dilaksanakan satu kali dalam seminggu. Bentuk perencanaan pembelajaran mempunyai kurikulum modifikasi, silabus beserta RPP. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode drill dan demonstrasi. Strategi dan pendekatan pembelajaran diterapkan secara langsung. Bentuk dukungan yang diberikan dari kepala sekolah berupa tersedianya sarana dan prasarana olahraga. Kendala saat pembelajaran yaitu siswa sulit masuk ke dalam lapangan, keadaan suasana hati siswa yang berubah-ubah, sulit mengerti intruksi yang diberikan guru. Solusi yang diberikan yaitu memperhatikan kesiapan siswa, memberikan pujian, memberikan motivasi, menggunakan bahasa daerah. Bentuk evaluasi melakukan perbaikan secara langsung dan tes lisan
Keywords
Down Syndrome, Bocce