The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran olahraga bocce bagi anak down syndrome. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru pembimbing olahraga bocce.Teknik analisis data yang digunakan adalah melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu kegiatan olahraga saat ini dilaksanakan satu kali dalam seminggu. Bentuk perencanaan pembelajaran mempunyai kurikulum modifikasi, silabus beserta RPP. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode drill dan demonstrasi. Strategi dan pendekatan pembelajaran diterapkan secara langsung. Bentuk dukungan yang diberikan dari kepala sekolah berupa tersedianya sarana dan prasarana olahraga. Kendala saat pembelajaran yaitu siswa sulit masuk ke dalam lapangan, keadaan suasana hati siswa yang berubah-ubah, sulit mengerti intruksi yang diberikan guru. Solusi yang diberikan yaitu memperhatikan kesiapan siswa, memberikan  pujian, memberikan motivasi, menggunakan bahasa daerah. Bentuk evaluasi melakukan perbaikan secara langsung dan tes lisan

Keywords


Down Syndrome, Bocce