The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Kajian ini membahas tentang media pembelajaran berbasis aplikasi game secil untuk mengurangi kesalahan membaca permulaan khususnya pada kelompok kata dengan huruf konsonan rangkap “ng” dan “ny” pada anak disleksia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A dimana terdapat tiga kondisi, A1 kondisi anak sebelum diberikan intervensi berupa media pembelajaran berbasis aplikasi game secil, B kondisi anak saat diberikan intervensi berupa media pembelajaran berbasis aplikasi game secil dan A2 kondisi setelah tidak diberikan lagi intervensi. Data akhir yang diperoleh pada A1 penelitian ini, anak mendapat skor pada kelompok kata yang mengandung huruf konsonan rangkap “ng” sebesar  20%  dan pada kelompok kata dengan huruf konsonan rangkap “ny” sebesar 13%. Pada kondisi B, data akhir yang diperoleh pada kelompok kata dengan konsonan rangkap “ng” sebesar 97% dan pada kelompok kata dengan konsonan rangkap “ny” sebesar 100%. Pada kondisi A2, data yang diperoleh menetap pada kelompok kata dengan konsonan rangkap “ng” yaitu sebesar 97% dan pada kelompok kata dengan konsonan rangkap “ny”sebsar 100%.  Menunjukkan adanya perkembangan yang baik dalam mengurangi kesalahan membaca. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi game Secil mampu mengurangi kesalahan membaca permulaan pada anak disleksia.


Keywords


Membaca Permulaan, Disleksia, Aplikasi Game Secil