Abstract
Permasalahan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas III SDN 19 Air tawar barat yang mengalami permasalahan dalam menentukan nilai tempat bilangan. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat bilangan. Penelitian ini juga memakai pendekatan Single Subject Research pada desain A-B dan teknik analisis datanya juga memakai analisis visual grafik. Dalam penelitian ini Subjek yang di ambil adalah Siswa berkesulitan belajar kelas III SDN 19 Air Tawar Barat. Adapun pengamatan penelitian dilaksanakan dua sesi, sesi pertama adalah sesi baseline (A) yang dilaksanakan empat kali pertemuan dalam hari yang berbeda. Kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu sesi Intervensi (B) yang dilakukan sebanyak enam kali pertemuan pada hari yang berbeda. Sehingga didapatkan hasil bahwa dengan menggunakan media kantong bilangan efektif meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat pada siswa berkesulitan belajar.
Keywords
Media kantong bilangan, kemampuan menentukan nilai tempat, siswa berkesulitan belajar.