Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang stadi kasus yang penulis temukan di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Kota Padang, dimana terdapat seorang guru tunanetra yang memiliki prestasi yang sangat gemilang, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hal-hal yang membuat guru penyandang tunanetra bisa berprestasi dan menjadi motivasi bagi anak-anak atau penyandang tunanetra lainnya bahwa hambatan tidak menghalangi untuk berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode stadi kasus yang termasuk dalam pendekatan kualitatif, sabjek penelitian ini yaitu guru penyandang tunanetra, keluarga ( istri), dan pelatih catur guru penyandang tunanetra itu sendiri, agar semua data dapat terkumpul peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kegigihan dan kemauan guru penyandang tunanetra IS untuk bisa melampaui batas dari hambatannya sangat besar, hal ini dilihat dari awal guru penyandang tunanetra IS bermain catur, sampai keproses bisa mencapai prestasi ketingkat Asia Tenggara.Keywords
Guru Penyandang Tunanetra, Prestasi, Olahraga Catur