Abstract
ABSTRACT
This research discusses about case study that the writer found in SLB N 2 Padang, where there is a teacher with visual impairment has a very brilliant achievement, this research goals to describe things that makes teacher with visual impairment can achieve and be a motivation for children and other visual impairment people that impairment doesn’t prevent to get achieve. This research uses a case study method that include in a qualitative approach, this subject of the research is a teacher with visual impairment, his family (wite), and his own chess coach, so that all data can be collected by researcher by using observation, interviews, and documentation. The result IS the teacher’s willingness and perseverance to be able beyond the limit from the big impairment, this can be seen from the begin the teacher with visual impairment IS playing chess, until the process can raise the achievement to the level of Southeast Asia.
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang stadi kasus yang penulis temukan di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Kota Padang, dimana terdapat seorang guru tunanetra yang memiliki prestasi yang sangat gemilang, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hal-hal yang membuat guru penyandang tunanetra bisa berprestasi dan menjadi motivasi bagi anak-anak atau penyandang tunanetra lainnya bahwa hambatan tidak menghalangi untuk berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode stadi kasus yang termasuk dalam pendekatan kualitatif, sabjek penelitian ini yaitu guru penyandang tunanetra, keluarga ( istri), dan pelatih catur guru penyandang tunanetra itu sendiri, agar semua data dapat terkumpul peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kegigihan dan kemauan guru penyandang tunanetra IS untuk bisa melampaui batas dari hambatannya sangat besar, hal ini dilihat dari awal guru penyandang tunanetra IS bermain catur, sampai keproses bisa mencapai prestasi ketingkat Asia Tenggara.