Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi perilaku hidup bersih dan sehat di SLB Negeri 2 Padang. Salah satu upaya pemeliharaan dan peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat dengan pembinaan UKS. Pada kurikulum 2013 terdapat pembelajaran tentang lingkungan sekolah yang bersih dan sehat yang harus di ajarkan serta di implementasikan pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan didukung dengan dokumentasi foto. Subjek penelitian adalah warga sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi perilaku hidup bersih dan sehat dilaksanakan sesuai dengan indikatornya, sekolah memiliki program khusus kebersihan pribadi yang masuk dalam program khusus bina diri bagi anak tunagrahita. UKS memiliki program yang telah disusun dan dilaksanakan yang disesuaikan dengan keadaan peserta didik. Strategi yang ditanamkan sekolah adalah dengan penyediaan fasilitas dan pengontrolan kegiatan.
Keywords
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat , UKS