Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada seorang siswa dengan hambatan kecerdasan ringan yang mengalami kesulitan dalam mengenal angka 1 sampai 10 serta kurang optimalnya guru dalam penggunaan media pembelajaran di dalam kelas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan media game edukasi marbel number. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik serta kemampuan siswapun meningkat. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil observasi siklus I pada peneliti mendapatkan persentase sebesar 90% sedangkan pada siswa mendapatkan persentase sebesar 80%, namun setelah diberi tindakan pada siklus II hasil observasi pada peneliti meningkat menjadi 100% dan pada siswa menjadi 90%. Untuk peningkatan kemampuan siswa dapat dilihat dari kemampuan awal siswa sebesar 40% setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 66.6%, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus II kemampuan siswa meningkat menjadi 76.6%.
Keywords
Game Edukasi Marbel Number, Mengenal Angka, Anak dengan Hambatan Kecerdasan Ringan