Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil temuan masih belum bisanya anak mengenal huruf. Media / alat peraga pembelajaran yang digunakan guru belum mampu untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf. Jenis penelitian adalah tindakan kelas dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas pada dua subjek penelitian yaitu anak tunarungu kelas 1 di SLB Karya Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiklus I siswa YN memperoleh nilai (64), siswa GA mmperoleh nilai (60). Sedangkan disiklus II siswa YN memperoleh nilai (86,6), siswa GA memperoleh nilai (85,3). Ini membuktikan bahwa telah terjadi peningkatan mengenal huruf vokal. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga edukatif (APE) kincir pintar dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal huruf vocal pada tunarungu kelas I Di SLB Karya Padang.
Keywords
Tunarungu, Alat Peraga Edukatif (APE) Kincir Pintar, Mengenal Huruf Vokal.