The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh tiga orang anak tunagrahita ringan kelas VIII di SDLBN Manggis Ganting Bukittinggi. Anak masih belum terampil membuat pigura manik-manik, dan memerlukan bimbingan dari guru sehingga nilai yang diperoleh anak masih rendah. Peneliti tertarik untuk membantu mengatasi permasalahan dalam membuat pigura manik-manik melalui meronce.

Metode penelitian mengunakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari siklus I, lima pertemuan,  siklus II dengan empat pertemuan. Setiap silkus terdapat perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Observasi, dokumentasi dan tes digunakan untuk mengumpulkan data.

Berdasarkan hasil  penelitian disimpulkan  bahawa kemampuan anak dalam keterampilan membuat pigura manik-manik mengalami peningkatan. Hal ini diperoleh melalui data penelitian yang telas dianalisis. Jadi keterampilan membuat pigura manik-manik  dapat meningkat melalui meronce.

Keywords


Pigura manik-manik, Meronce, Tunagrahita Ringan