The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


 

penelitian melatarbelakangi permasalahan yang dialami anak tunagrahita sedang dalam memasang kancing baju. Pembelajaran keterampilan bina diri yang diajarkan guru selama ini menggunakan metode demonstrasi dan latihan, dalam proses pembelajaran guru meminta anak memasang kancing baju tanpa mencontohkan tahapan kepada anak.

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan memasang kancing baju bagi anak tunagrahita sedang kelas IV di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang melalui metode peer teaching (tutor sebaya) . jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan tutor sebaya lainnya. Kegiatan penelitian dilakukan dua siklus dengan enam kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan memasang kancing baju bagi anak tunagrahita sedang. Pada kondisi awal mendapat perolehan nilai 20%, pada siklus 1 terjadi peningkatan 60% dan pada siklus 2 terjadi peningkatan 75% .


Keywords


Kata kunci: Keterampilan bina diri memasang kancing baju metode peer teaching (tutor sebaya), anak tunagrahita sedang