Abstract
Penelitian ini didasari oleh masalah yang ditemukan di SLB YPPLB Padang , ada lima siswa retardasi mental ringan yang mengalami hambatan dalam gerakan mereka, terutama dalam hal kelincahan. Untuk meningkatkan kepercayaan diri anak dalam bersosialisasi baik dengan teman atau masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah efektif menggunakan gerakan breakdance dasar untuk meningkatkan kelincahan gerakan anak retardasi mental di SLB YPPLB Padang, metode penelitian kuasi-eksperimental dari satu kelompok desain pretest-posttest. Tes penelitian ini menggunakan instrumen tes langkah-langkah gerakan breakdance dasar untuk menghitung kemampuan seorang anak dalam kelincahan gerakannya dan diuji melalui uji Wilcoxon dengan SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gerakan breakdance dasar efektif dalam meningkatkan kelincahan pergerakan anak retardasi mental ringan di YPPLB Padang SLB. Ini terbukti dari pengujian hipotesis.