Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran

Viviana Fahira(1),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/00114799

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dalam menanamkan nilai-nilai Kejujuran siswa di SMPN 2 Kota Solok, peran pendidikan Islam sangat dibutuhkan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran, dimana menjadi era yang penuh tantangan dihadapi oleh para siswa saat ini, para siswa menjadi bingung dan bertanya-tanya mereka harus melakukan apa dan bagimana harus bersikap. Melalui Pendidikan Agama Islam siswa-siswa dapat memiliki bekal untuk memiliki karakter jujur dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data premier dan sumber data sekunder, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian menggunakan analisis data dari Sugiono. Penganalisisan data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dari sumber yang berbeda. Hasil dari penelitian ini bahwa guru PAI mempunyai peran yang penting untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran pada peserta didik dalam proses pembelajaran.

References


Anwar, S. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2

Arif Hidayatullah, Wahidul Anam dan Moh. Zaenal Fanani. 2017. Problematika K13 dalam Pembelajaran PAI. EDUDEENA. Vol. 1. No. 2

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media

Dwi, M. (2016). Problematika Guru Sosiologi dalam Penerapan Kurikulum 2013 Pada SMA Negeri 3 Takalar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan. Vol. 3. No. 2

Fadillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, SMA/ MA. Ar-Ruzz Media

Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara

Kemendikbud. 2018. Buku Penilaian Berorientasi pada Higher Order Thinking Skill: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Kemendikbud

Kemendikbud. 2016. Peraturan Mentri Dinas dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mahmud dkk. (2015). Pendidikan Agama Islam Berbasis Multietnik. Deepublish.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2001). Paradigma Pendidikan Islam Kapita Selekta Pendidikan Islam. Grasindo.

Nuroidah, Ifdatun dan Anwar, M. A. (2015). Implementasi dan Problematika Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Jurusan Keagamaan di MAN Rejoso Jombang. DIRASAT, Vol.1. No. 1

Pemerintah Indonesia.2005.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara

Rahmawati, A. N. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education. Vol. 2. No. 1

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana

Rusydie, Salman. 2012. Tuntutan Menjadi Guru Favorit. Flash Books

Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. PT. Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenadamedia Group

Saputra, Hatta. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (Higher Order Thinking Skill). SMILE's Publishing

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2007. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo

Sudjana, N. (1998). Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Sumantri, Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktek di Tingkat Pendidikan Dasar. Rajawali Pers

Wahyuni, R., & Berliani, T. (2019). Problematika Impelementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), Vol. 3. No. 2

Wisudaningrum, A. (2017). Problematika Dalam Penerapan Penilaian Kurikulum 2013 Bagi Guru SD di SD Muhammadiyah 24 Surakarta. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)


Article Metrics

 Abstract Views : 613 times
 PDF Downloaded : 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.