Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Usaha Kecil Menengah Berbasis Industri Kreatif melalui ICT

Yesi Elsandra(1), Ardhian Agung Yulianto(2),
(1)   Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2013 Yesi Elsandra, Ardhian Agung Yulianto

DOI : https://doi.org/10.24036/jkmb.475300

Full Text:    Language : en

Abstract


Peran Information and Communication Technology (ICT) dalam memasarkan produk UKM kreatif menjadi strategis agar UKM kreatif yang selama ini product oriented menjadi market oriented. Strategi pemasaran melalui ICT memberikan kesempatan kepada UKM kreatif mendapatkan informasi dan berkomunikasi serta menyampaikan ide produknya kepada stakeholder sehingga dapat melakukan ekspor dan peluang bisnis lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana yang menjadi objeknya adalah UKM kreatif Hailcake. Tujuan penelitian 1), untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran melalui ICT yang telah dilakukan Hailcake. 2) Apakah ICT berperan dalam meningkatkan penjualan Hailcake. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hailcake melaksanakan semua aktivitas produksi dan  promosi di rumah sambil tetap dapat mengerjakan aktifitas sebagai ibu rumah tangga di rumah. Strategi pemasaran yang dilakukan Hailcake adalah memanfaatkan ICT dengan membuat jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter tetapi belum maksimal memanfaatkan blog. ICT berperan positif dalam memperluas pemasaranya. Informasi dari mulut ke mulut turut membantu distribusi produk Hailcake.

Article Metrics

 Abstract Views : 2853 times
 PDF Downloaded : 2155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Yesi Elsandra, Ardhian Agung Yulianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.