The influence of demographic factors and financial literacy on the financial behavior

Agustina Rosa Iriani(1), Caecilia Wahyu Estining Rahayu(2), Christina Heti Tri Rahmawati(3),
(1) Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta  Indonesia
(2) Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta  Indonesia
(3) Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Christina Heti Tri Rahmawati, Caecilia Wahyu Estining Rahayu

DOI : https://doi.org/10.24036/jkmb.11220500

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh faktor demografi terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma; dan (2) pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Jenis penelitian ini menggunakan metode survei. Penelitian ini membagikan 100 kuesioner untuk memperoleh data responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis crosstabulation dan analisis Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor demografi (pekerjaan orangtua, pendidikan orangtua, dan pendapatan orangtua) tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Sedangkan, literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Implikasi penelitian ini, meningkatnya literasi keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma diharapkan dapat meningkatkan perilaku keuangan mahasiswa menjadi lebih baik sehingga mampu meningkatkan kesejahteraannya.

Kata kunci: Faktor demografi; literasi keuangan, perilaku keuangan


References


Andrew, V. & Linawati, N. (2014). Hubungan faktor demografi dan pengetahuan keuangan dengan perilaku keuangan karyawan swasta di Surabaya. FINESTA, 2(2), 35-39.

Arifin, A. Z. (2017). The Influence of financial knowledge, control and income on individual financial behavior. European Research Studies Journal, XX(3A), 635–648.

Arifin, A. Z., Kevin, & Siswanto, H. P. (2017). The influence of financial knowledge, financial confidence, and income on financial behavior among the workforce in Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen, VII (1), 37– 47.

Astuti, R.P.F. (2016). Pengaruh status sosial ekonomi orangtua, literasi ekonomi dan life stlye terhadap perilaku konsumsi mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 49-58.

Bhushan, P. & Medury, Y. (2013). Financial literacy and its determinants. International Journal of Engineering, Business and Enterprise Applications (IJEBEA). 4(2), 155-160.

Chotimah, C. & Rohayati, S. (2015). Pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, sosial ekonomi orangtua, pengetahuan keuangan, kecerdasan spiritual, dan teman sebaya terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Universitas Negeri Surabaya, 3(2), 1-10.

Erawati, N. & Susanti. (2017). Pengaruh literasi keuangan, pembelajaran di perguruan tinggi, dan pengalaman bekerja terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 1-7.

Garg, N., & Singh, S. (2018). Financial literacy among youth. International Journal of Social Economics, 45(1), 173–186.

Herawati, N.T. (2015). Kontribusi pembelajaran di perguruan tinggi dan literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48(1), 60-70.

Herdjiono, I. & Damanik, L. A. (2016). Pengaruh financial attitude, financial knowledge, parental income terhadap financial management behavior. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 9(3), 226-241.

Herudin. (2017). Pertumbuhan ekonomi dan indonesia masih bagus, jauh di atas Australia dan Korea Selatan. http://www.tribunnews.com/nasional/ 2017/08/10/pertumbuhan-ekonomi-indonesia-masih-bagus-jauh-di-atas-australia-dan-korea-selatan.

Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan pada pelaku UMKM sentra kerajinan batik kabupaten Bantul. Jurnal Nominal, VII (1), 96–100.

Ika, Aprillia. (2017). Apa kokus OJK untuk edukasi, literasi keuangan dan perlindungan konsumen. http://ekonomi.kompas.com/read/2017/05/04/ 160000926/apa.fokus.ojk.untuk.edukasi.literasi.keuangan.dan.perlindungan.konsumen.

Indonesia Financial Service Authority. (2013). Literasi keuangan. http://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/ Pages/ Literasi-Keuangan.aspx.

Indonesian Central Bureau of Statistics. (2017). Jumlah perguruan tinggi, mahasiswa, dan tenaga edukatif (Negeri dan Swasta) di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menurut provinsi tahun ajaran 2013/2014 - 2014/2015. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1839.

Laily, N. (2013). Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku mahasiswa dalam mengelola keuangan. Journal of Accounting and Business Education, 1(4), 107-124.

Lianto, R., & Elizabeth, S. M. (2017). Analisis pengaruh financial attitude, financial knowledge, income terhadap financial behavior di kalangan ibu rumah tangga Palembang (studi kasus Kecamatan Ilir Timur I). STIE MDP Manajemen, 1–12.

Loke, Y. (2017). The influence of socio-demographic and financial knowledge factors on financial management practices of Malaysians. International Journal of Business and Society, 18(1), 33–50.

Mahdzan, N. S. & Tabiani, S. (2013). The impact of financial literacy on individual saving: An exploratory study in the Malaysian context. Transformations in Business and Economics, 12(1), 41-54.

Margaretha, F. & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat literasi keuangan pada mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(1), 76-85.

Masdupi, E., Sabrina, S. & Megawati. (2019). Literasi keuangan dan faktor demografi terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 8(I), 35-47.

Maulani, S. (2016). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi keuangan (studi pada mahasiswa jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang aktif semester genap tahun 2015/2016). Doctoral dissertation. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mohamed, N. A. (2017). Financial socialization: A cornerstone for young employees’ financial well-being. Reports on Economics and Finance, 3(1), 15–35.

Murdaningsih, D. (2017). Inilah manfaat edukasi literasi keuangan anak usia dini. http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/17/06/02/oqx1fn368-inilah-manfaat-edukasi-literasi-keuangan-anak-usia-dini.

Nababan, D. & Sadalia, I. (2012). Analisis personal financial literacy dan financial behavior mahasiswa strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Media Informasi Manajemen, 1(1), 1-15.

Purwidianti, W. & Mudjiyanti, R. (2016). Analisis pengaruh pengalaman keuangan dan tingkat pendapatan terhadap perilaku keuangan keluarga di kecamatan Purwokerto Timur. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), 141-148.

Qamar, M. A. J., Khemta, M. A. N., & Jamil, H. (2016). How knowledge and financial self-efficacy moderate the relationship between money attitudes and personal financial management behavior. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 5(2), 296–308.

Rezkisari, I. (2017). 80 Persen penduduk indonesia belum melek keuangan. http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/17/08/ 04/ou5mn3328-80-persen-penduduk-indonesia-belum-melek-finansial.

Romadoni. (2015). Pengaruh status sosial ekonomi dan pendidikan pengelolaan keuangan di keluarga terhadap literasi keuangan siswa SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(1), 22-34.

Santoso, S. (2009). Statistika induktif (plus aplikasi analisis regresi dengan program SPSS). Yogyakarta: Ardana Media.

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development. Erlangga. (terj. Benedictine Wisdyasinta)

Sari, D. A. (2015). Financial literacy dan perilaku keuangan mahasiswa (studi kasus mahasiswa STIE 'YPPI' Rembang). Buletin Bisnis dan Manajemen, 1(2), 171-189.

Scheresberg, C. de Bassa. (2013). Financial literacy and financial behavior among young adults: evidence and implications. Numeracy, 6(2), 1-21.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian dan pengembangan (research and development/ RdanD). Bandung: Alfabeta.

Suharyadi & Purwanto, S.K. (2016). Statistika untuk ekonomi dan keuangan modern. Jakarta: Salemba Empat.

Sundarasen, S. D. D., Rahman, M. S., Othman, N. S., & Dnaraj, J. (2016). Impact of financial literacy, financial socialization agents, and parental norms on money management. Journal of Business Studies Quarterly, 8(1), 137– 135.

Susanti. (2016). Pengaruh locus of control internal dan pendapatan terhadap literasi keuangan mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(1), 5-17.

Theodora, B. D., & Marti’ah, S. (2016). The effect of family economic education towards lifestyle mediated by financial literacy. Dinamika Pendidikan, 11(1), 18–25.

Widayati, I. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi finansial mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan (ASSETS), 1(1),89-99.

Wiharno, H. (2015). Karakteristik sosial ekonomi yang mempengaruhi literasi keuangan serta dampaknya terhadap manajemen keuangan personal. Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi (JRKA), 1(2), 1-15.

Yap, R. J. C., Komalasari, F., & Hadiansah, I. (2016). The effect of financial literacy and attitude on financial management behavior and satisfaction. International Journal of Administrative Science & Organization, 23(3).


Article Metrics

 Abstract Views : 4951 times
 PDF Downloaded : 1658 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Christina Heti Tri Rahmawati, Caecilia Wahyu Estining Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.