THE EFFECT OF USING 3-2-1 STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION ABILITY AT SMP N 34 PADANG
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Journal of English Language Teaching
DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v6i1.9659
Full Text: Language : En
Abstract
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa SMPN 34 Padang terhadap pemahaman membaca. Strategi konvensional dalam pengajaran membaca yang digunakan guru kurang tepat dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Oleh sebab itu perlu diterapkan sebuah strategi pengajaran membaca yang berguna untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan strategi 3-2-1 pada kegiatan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak penggunaan strategi 3-2-1 dalam kegiatan membaca terhadap pemahaman siswa dalam membaca. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Post Test Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 34 Padang tahun pelajaran 2016-2017 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling ini terdiri dari dua kelas yaitu VIII 7 sebagai kelas experimen dan VIII 6 sebagai kelas control. Masing-masing kelas memiliki jumlah siswa 32 orang. Instrument yang digunakan adalah Reading Test yang terdiri dari tiga puluh butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Tes tersebut dilakukan dua kali yaitu pre-test dan posttest. Setelah memberikan post-test didapat data berupa nilai reading test oleh kedua kelompok sampel yang kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan rumus t-test, dan ditemukan bahwa t-hitung sebesar 4.45, sedangkan t-tabel sebesar 1.998, yang berarti t-hitung > t-tabel. pada taraf signifikasi 0.05. Berdasarkan hasil hitungan ini, disimpulkan bahwa penggunaan strategi 3-2-1 dalam pembelajaran membaca memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pemahaman siswa dalam membaca.Keywords
References
BIBLIOGRAPHY
Alsamadani, H. A. 2011. The Effect of the 3-2-1 Reading Strategy on EFL Reading Comprehension. English Language Teaching, 4(3), 184-190
Anderson, Neil J and David Nunan. 2008. Practical English Language Teaching Reading. New York: The McGraw-Hill.
Gay, L. R, et.all. 2009. Educational Research. New Jersey: Pearson.
Kathy G. & Jerome Harste. 2002. Creating Clasroomms for Autors and Inquirers. Portsmouth, NH: Heinemann.
Krashen, S. 2001. The Power of Reading. Englewood, Vladivostok, Russia. Co: Libraries Unlimited.
McNamara, D. S. 2009. The Importance of Teaching Reading Strategies. The International Dyslexia Association.
Weimer, M. 2014. Reading Texts Using the 3-2-1 Strategy - ReadWriteThink. readwritethink.org. International Reading Literacy Association.Retrieved 10 Oktober 2016, from http://www.readwritethink.org/classroom-resources/lesson-plans/reading-texts-using-951.html?tab=4
Zahra, Fatima., Fitrawati. 2017. Teaching Reading Comprehension by Using Metacognitive Strategy: Read, Ask, Paraphrase (RAP) at Senior high School. Journal of English Language Teaching Vol. 6 No.1 Serie A, 25-32
Zigouris-Coe,V., Wiggins, M. B., & Smith, L. H. 2004. Engaging Student with Text: the 3-2-1 Strategy. The Reading Teacher, 58(4),381-384
Article Metrics
Abstract Views : 857 timesPDF Downloaded : 140 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Journal of English Language Teaching
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.