TEACHING NARRATIVE READING TEXT BY USING VERY IMPORTANT POINT (VIP) STRATEGY TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Aulia Sari Rusdi(1), Leni Marlina(2),
(1) Universitas Negeri Padang 
(2) Universitas Negeri Padang 

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Journal of English Language Teaching

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v6i1.9658

Full Text:    Language : en

Abstract


Reading (membaca) merupakan salah satu keterampilan bahasa yang perlu dikembangkan pada berbagai jenis pendidikan agar siswa mampu memahami isi bacaan dengan baik. Teks naratif adalah salah satu teks yang harus diajarkan pada siswa menengah atas. Namun, kenyataan dilapangan masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami teks naratif. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti strategi yang digunakan siswa dalam membaca teks naratif kurang  efektif, kurangnya kosa kata yang dimiliki siswa, teks yang diberikan oleh guru kurang menarik perhatian siswa, dan kesulitan siswa dalam mengembangkan pengetahuan dasar yang mereka miliki. Dikarenakan oleh beberapa hal ini, penulis tertarik untuk mengangkat dan mengajukan Very Important Point (VIP) sebagai salah satu strategi yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca khususnya teks naratif. Dalam penerapan strategi ini, guru memberikan sebuah teks dan sticky note sebanyak enam potongan. Kemudian siswa diminta membaca teks dan menandai hal-hal penting seperti ide pokok dan kalimat pendukung dengan menggunakan sticky note yang telah disediakan guru. Setelah selesai, guru kemudian akan meminta siswa untuk membuat tabel pada buku catatan mereka dan menuliskan apa poin-poin penting yang mereka pilih dan menuliskan alasan mereka atas pilihan tersebut. Pada tahap akhir, siswa akan duduk berkelompok dan mengemukakan pendapat dan alasan mereka terhadap poin-poin penting yang mereka pilih dan guru akan membimbing siswa selama diskusi berlangsung. Kemudian guru akan memberikan siswa beberapa soal pertanyaan terkait dengan teks bacaan. Siswa diharapkan mampu menjawab soal pertanyaan dengan benar dengan adanya bantuan sticky note yang memudahkan siswa untuk melihat poin-

poin penting pada teks bacaan.  Strategi ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi teks terutama teks naratif secara lebih mendalam.


Keywords


Very Important Point (VIP), Teks Naratif

References


Al-Ataie, S. 2010. The Effect of Applying K-W-L Technique on Teaching ESP Students. From : http://www.iasj.net/iasj?func=fulltext&aId=2694

Alderson, J. Charles. 2000. Assessing Reading. Cambridge : University Press.

Brown, H. Doughlas. 2001. Teaching by Principle : An Interactive Approach to Language Pedagogi Second Edition. New York : Pearson Education Company.

Davis & Byu. 2008. The KWL strategy. From : http://novelinks.org/uploads/Novels/JourneyToTopaz/KWHL%20STRATEGY-Instructions.pdf

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). 2006. Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Depdiknas.

Grabe, W. 2009. Reading In a Second Language (Moving from Theory to Practice). New York : Cambridge University Press.

Herrel, L. Adrienne. 2012. 50 Strategy for Teaching English Language Learners. United States of Amerika : Pearson Education.

Ibrahim, N, N. 2012. The Use of KWL Technique in Teaching Reading Descriptive Text: A quasi-experimental Study in The First Grade of a Junior High School in Bandung. From:http://aresearch.upi.edu/operator/upload/s_ing_0608702_chapter3.pdf.

Klingner, J.K. 2007. Teaching Reading Comprehension to Students with Learning Difficulties. New York : The Guilford Press.

Michael, D. Coyne. 2011. Effective Teaching Strategies. United States of Amerika : Pearson Education.

Nuttal, C. 2000. Teaching Reading Skills In a Foreign Language. Oxford : Macmillan Heineman.

Pang, E.S. 2003. Teaching Reading. Brussel : The International Academy of Education (IAE).

Serravallo, J. 2010. Teaching Reading in Small Groups. United States of America : Greenwood Publishing Group.Inc.

Surnyata, and Fitrawati.2016. Improving Students Narrative Reading Comprehension Through Guided Reading For Junior High School. ELT Journal 5(1), 64-71

Whother, M.C. 2005. Reading Across the Diciplines. Collage Reading and Beyond : Rearson Longman.


Article Metrics

 Abstract Views : 952 times
 PDF Downloaded : 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Journal of English Language Teaching

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.